Friday, April 15, 2016



Tugas Pra Praktikum
  1. Apakah yang anda ketahuio tentang gerak lurus beraturan? Jelaskan !
  2. Jelaskan fenomena-fenomena alam yang berkaitan dengan gerak lurus beraturan!

Tujuan Praktikum
  1. Siswa dapat lebih memahami konsep gerak lurus beraturan (GLB) melalui kegitan praktikum
  2. Siswa dapat mengukur kecepatan suatu benda.


Teori dasar Praktikum

Kecepatan rata-rata v dari sudut objek yang bergerak merupaan perbandingan jarak yang ditempuh s (atau perubahan posisi Δr) terhadap waktu tempuhnya, ditulis:


Bila suatu objek bergerak dalam suatu garis lurus dan perubahan kedudukannya sama besar dalam setiap jedanya, maka dikatakan dia bergerak dengan kecepatan v tetap. Dengan demikian, suatu benda yang bergerak dengan kecepatan tetap, jarak tempuh sebanding denga waktu tempuhnya.

S= Δr atau s = Δr = v.t

Dengan kata lain kecepatan merupakan kemiringan garis dari grafik s-t. dalam contoh kehidupan sehari-hari kita sangat sukar melihat benda-benda bergerak dengan kecepatan tetap. Pada umumnya benda (dari diam menuju kecepatan tertentu). Mobil yang bergerak di jalan tol mungkin saja bergerak dengan kecepatan tetap, asalkan ia untuk setiap saatnya dapat mempertahankan posisi jarus speedometernya pada kecepatan tertentu. Tetapi hal ini jarang terjadi juga, mungkin ada penghalang mobil di depannya, dan mungkin juga ia menemui jalan yang turun atau naik, atau pula jalannya berlubang dan lain sebagainya.


Alat dan Bahan Praktikum

  1. Mistar
  2. Kereta dinamika
  3. Pengetik waktu
  4. Pipa kertas
  5. Katrol duduk berpenjepit
  6. Tabung visikositas
  7. Beban 50gr
  8. Talikatun (benang)
  9. Rel presisi
  10. Penghubung rel presisi
  11. Kaki rel presisi
  12. Catu daya
  13. Kabel penghubung hitam
  14. Kabel penghubung merah
  15. Oli mesin (SAE 40-70)
  16. Silet
  17. Kertas karbon
  18. Bola pejar berkait


Prosedur Praktikum

  1. Rangkai peralatan seperti gambar 1. Catatlah beberapa data berikut utuk keperluan perhitungan sebagai berikut; Suhu ruangan = …. 0Tinggi cairan oli pelumas dalam tabung  = …. cm
  2. Pasang pita kertas melalui pengetik waktu dibawah kertas karbon dan sambungkan ujungnya (dijepit) pada kereta dinamika dan peralatan lainnya disusun sehingga seperti gambar dibawah ini: 
  3. Nyalakan pengetik (kereta dinamika ditahan terlebih dahulu, lalu lepaskan. Amati pita kertas. Apakah gerakan kereta telah tercatat pada pita kertas. Tercatat apabila pada pita kertas sudah ada titik hitam.
  4. Ulangi langkah 3 sampai benar-benar gerakan kereta dinamika tercatat
  5. Ukur pita kertas secara berurutan dari awal pencatatan menjadi beberapa bagian dengan panjang potongan sebanyak 10 bagian itu p1, p2 … p10. Sesuai tertera pada tabel. Hitung jumlah titik dalam tiap potongan dan masukkan dalam tabel.
  6. Ubah jumlah titik pada tiap potongan dalam satuan waktu, dimana suatu titik noktah merupakan 1/50 detik. Yaitu sesuai dengan frekuensi ketikan arus AC listrik PLN (50Hz) masukkan hasilnya dalam kolom 3 tabel
  7. Dari setiap titik koordinat yang telah Anda pasang, buatlah garis lurus melalui titik terbanyak yang mengikuti garis lurus.
  8. Berapa jumlah titik yang berada di luar garis dan berapa pula jumlah titik yang masuk dalam garis.
  9. Potong, potongan pita kertas sepanjang 10 titik dan susun pada seperti gambar secara berjajar. Tarik melewati titik teratas dari potongan kertas perekam waktu. Garis yang melewati titik-titik teratas potongan kertas merupakan grafik hubungan v terhadap t pada gerak lurus beraturan.

LAPORAN HASIL PRAKTIKUM

A. Data Hasil Pengamatan

Panjang bagian kertas (p1- p10) (cm)
Jumlah titik potongan
Waktu (detik)
5
10
15
20
25
30
35
40
45
50


B. Tugas Pasca Praktikum

  1. Buat grafik hubungan waktu terhadap panjang potongan pita kertas pada sumbu koordinat gambar 2 dari tabel.
  2. berdasarkan grafik yang didapat pada langkah 10, Buatlah grafik hubungan antara percepatan dan waktu t.
  3. Buatlah kesimpulan dari praktikum kali ini!

FIISKA SMP

Select Language

Popular Posts

LATIHAN UJIAN NASIONAL