Sunday, March 27, 2016


Sobat guru dan adik-adik mahasiswa calon guru, dalam artikel ini saya akan memaparkan tentang kunci dalam membuat proses belajar mengajar menjadi menarik. Dengan mengetahui dan menerapkan kunci ini maka peluang untuk menjadikan proses belajar mengajar menjadi menarik terbuka begitu luas.

Jika kita mau jujur harus kita akui sebagian besar proses belajar mengajar itu membosankan. Hal ini disebabkan banyak hal, mulai minat dan motivasi siswa yang rendah,  karakter guru yang tidak menyenangkan dan metode pembelajaran yang tidak menarik. Dan jika iu dibiarkan kita sebagai guru tidak akan mendapatkan respek dari siswa. Hasilnya siswa tidak akan memperhatikan kita saat mengajar, bahkan tidak jarang siswa yang sengaja membolos karena tidak ingin mengikuti pembelajaran yang kita berikan.
Lantas bagaimana mengatasi masalah tersebut? Jika dilihat dari sumber masalah yang ada maka ada tiga hal yang bisa kita lakukan.
  1. Menjadikan diri kita menjadi pribadi yang menarik untuk siswa
  2. Menggunakan metode pembelajaran interaktif
  3. Mengembangkan minat dan motivasi siswa
Dari ketiga hal tersebut, menurut saya yang paling sulit adalah mengembangkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Terlebih bagi siswa yang memang sudah tidak suka dari awal terhadap mata pelajaran yang kita ampu. Ini bukan pekerjaan mudah, dibutuhkan sebuah pemikiran dan tindakan nyata untuk melakukannya.

Dalam banyak kasus sering saya menjumpai seorang guru yang sudah perfek dalam karakter, sudah menggunakan metode yang interaktif, tapi tetap saja ada beberapa siswa yang tidak tertarik mengikuti kegiatan belajar mengajar. Apa masalahnya? Masalahnya satu, banyak anak-anak kita yang tidak merasa butuh dengan mata pelajaran yang kita berikan. Dan inilah tantangan terberat kita sebagai seorang guru.
Bagaimana solusi mengatasi hal tersebut?

Jadikan siswa merasa butuh dengan pelajaran yang kita sampaikan. Ada beberapa saran yang bisa Anda terapkan
  1. Tunjukkan manfaat nyata dari apa yang kita sampaikan kepada siswa
  2. Tunjukkan dengan contoh-contoh nyata
  3. Tunjukkan kerugian yang akan mereka alami jika menyepelakan apa yang Anda sampaikan
  4. Ajak bicara siswa-siswa yang bermasalah tersebut. Tanya apa keinginan mereka, tanya apa keluhan mereka dan tanya apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka.
Demikianlah beberapa saran untuk menjadikan proses belajar menjadi menarik . Meskipun itu tidak mudah, namun saya percaya jika Anda serius melakukannya. Maka hasil baik akan Anda dapatkan.
Bagaimana menurut Anda?

FIISKA SMP

Select Language

Popular Posts

LATIHAN UJIAN NASIONAL