Sunday, May 28, 2017







Gaya antar partikel zat merupakan interaksi antar partikel. Ada dua macam gaya interaksi zat yaitu kohesi dan adhesi

KOHESI

Kohesi adalah peristiwa terjadinya gaya tarik menarik antar partikel yang sejenis. Besar Gaya tarik ini berbeda-beda diberbagai jenis zat. Pada zat padat, memiliki gaya kohesi yang paling besar, kemudian zat cair, dan zat gas. Inilah yang menjadi penyebab dari bagaimana suatu zat terbentuk (padat, cair, dan gas). Gaya kohesi ini membuat partikel yang sejenis untuk berkumpul.

 
Gambar: Kayu ini terlihat kompak karena adanya gaya kohesi

ADHESI

Pernahkah kamu memasukkan air kedalam suatu wadah? Gelas misalnya? saya yakin semua pernah melakukannya. Jika kita menumpahkan air yang ada didalam gelas tersebut, coba anda perhatikan dinding gelasnya. Kita akan melihat adanya titik-titik air yang masih menempel pada gelas. Apa yang menyebakan hal tersebut? Yang terjadi adalah adanya peristiwa tarik-menarik antar partikel-partikel air dengan pertikel dari gelas yang dinamakan Adhesi.

 
(Image from: bioweb.uwlax.edu)

Adhesi adalah gaya tarik-menarik antar partikel-partikel tak sejenis. Kenapa tinta bisa menempel pada kertas ketika kita menulis? Yah, gaya adhesi inilah penjelasan dari peristiwa tersebut. Partikel-partikel tinta tarik menarik dengan partikel-partikel kertas. Atau juga titik-titik air yang menempel pada daun.

MATERI SEBELUM & SELANJUTNYA

http://fisikaberbagi.blogspot.com/2017/05/susunan-zat.html
  https://fisikaberbagi.blogspot.co.id/2017/05/massa-jenis.html


FIISKA SMP

Select Language

Popular Posts

LATIHAN UJIAN NASIONAL